Ops Ketupat Samrat 2020, Polres Minsel bangun Pos Pelayanan dengan protokol Covid-19


Humas Polres Minsel
Polres Minahasa Selatan menggelar Operasi kepolisian terpusat dengan sandi ‘Ketupat Samrat-2020’, dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Ops Ketupat Samrat ini dilaksanakan selama 37 hari mulai tanggal 24 April sampai dengan 30 Mei 2020.






Untuk mendukung pelaksanaan Ops Ketupat, Polres Minsel membangun Pos Pelayanan (Pos Yan) berlokasi di Desa Munte yang adalah pintu masuk di Kabupaten Minsel dari arah Kota Manado. Pos Yan ini diisi oleh personel dari unsur TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.



“Pos Yan Ops Ketupat berperan sebagai pos taktis stasioner yang diisi oleh personel gabungan TNI/Polri, Dishub dan Dinkes; difungsikan untuk pengawasan dan pemeriksaan mobilitas orang, barang serta kendaraan yang masuk maupun keluar Minsel, khususnya selang bulan puasa dan perayaan Idul Fitri 1441 Hijriyah nanti,” terang Kapolres Minsel AKBP Bangun Widi Septo, SIK, saat meninjau Pos Yan Ops Ketupat, Rabu pagi (29/04/2020).    

Adapun konsep operasi dalam pelaksanaan tugas di Pos Yan Ketupat Desa Munte ini tetap mengusung protokol Covid-19 dalam rangka percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Corona.

“Untuk sopir dan penumpang kendaraan yang masuk wilayah Minsel dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis Dinas Kesehatan, sesuai protokol Covid-19 dengan objek suhu tubuh, masker, surat kesehatan, surat jalan, diarahkan untuk cuci tangan dengan sabun antiseptic yang sudah disediakan serta penyemprotan cairan disinfektan,” tambah Kapolres.

Sementara itu, untuk warga yang bermaksud mudik diarahkan untuk kembali. “Sebagaimana anjuran pemerintah, kami mengarahkan warga yang masuk Minsel dengan tujuan mudik untuk kembali atau tidak melanjutkan perjalanan. Hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 atau Virus Corona. Tunda Mudik, sayangi keluarga anda di kampung halaman,” imbau Kapolres Minsel.

Komentar