Siap amankan Pemilu 2024, Polres Minsel Gelar Simulasi Sispamkota

Humas Polres Minsel
Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dilaksanakan di halaman utama Polres Minahasa Selatan (Minsel) pada Senin siang (25/09/2023).




Kapolres Minsel AKBP Feri R. Sitorus, SIK, MH; dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Simulasi Sispamkota ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas pada tahapan Pemilu 2024.

“Simulasi ini menggambarkan kesiapan personel beserta sarana dan prasarana, manakala terjadi situasi kontijensi dapat segera diantisipasi secara bersinergi oleh perkuatan TNI-Polri bersama instansi terkait pemerintah daerah, dengan cepat dan tepat,” ujar Kapolres.

Adapun dalam simulasi Sispamkota ini digambarkan situasi kontijensi yang diasumsikan terjadi aksi unjuk rasa anarkis di Kantor KPU Kab. Minsel.





Rangkaian adegan mulai dari aksi protes di Kantor KPU, penambahan jumlah massa, penanganan situasi oleh tim negosiator, penggunaan personel dalmas awal, TPTKP Lakalantas, eskalasi meningkat jumlah massa besar ditambah dengan aksi anarkis, peragaan dalmas lanjut beserta kendaraan taktis AWC, pemadaman api oleh Damkar Pemkab Minsel, tim resmob mengamankan provokator aksi unras, pembubaran massa oleh tim raimas, ditutup dengan evakuasi korban oleh tim medis gabungan Seksi Dokkes Polres Minsel dan Dinkes Pemkab Minsel.

Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2024 di Polres Minsel ini disaksikan oleh jajaran Forkopimda, KPU dan Bawaslu, tokoh agama, tokoh masyarakat serta perwakilan partai politik peserta Pemilu.






Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH; dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th; memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Polres Minsel yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan simulasi sispamkota.

"Tentunya, mengamankan Pemilu bukan hanya tugas Polisi saja, tetapi merupakan tanggungjawab Pemerintah Daerah bersama jajaran Forkopimda. Oleh karena itu saya mengajak untuk saling bekerjasama, bekerja keras, bekerja hebat dalam menjamin terselenggaranya maksud dan tujuan dari kegiatan ini,” demikian kutipan sambutan Bupati Minsel.

Rangkaian simulasi sispamkota diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai oleh KPU Minsel, Forkopimda dan perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024.









Komentar