Tangkal Radikalisme, Sat Polair Polres Minsel lakukan kegiatan penyuluhan pada masyarakat pesisir Kelurahan Bitung


Humas Polres Minsel
Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Minahasa Selatan melaksanakan kegiatan penyuluhan terkait dengan bahaya paham radikal, ajaran sesat dan anti Pancasila serta sosialisasi proses penegakan hukum di perairan kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai Kelurahan Bitung. 



Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Bitung, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Kamis siang (12/03/2020), yang dihadiri oleh para nelayan serta warga pesisir pantai.



Pada kesempatan itu, Kasat Pol Air Polres Minsel Iptu Stenly Sarempa, SH, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menolak paham radikal, ajaran sesat dan anti Pancasila karana dapat merusak kesatuan dan persatuan bangsa.

“Paham radikal saat ini sudah mempengaruhi masyarakat kita hingga sampai ke pelosok-pelosok desa, meskipun jumlahnya tidak banyak, namun hal demikian harus segera diantisipasi dan dicegah agar paham radikal ini tidak cepat menyebar luas”, ujarnya.

Untuk itu diingatkan kepada masyarakat agar terus mewaspadai pendatang yang tidak dikenal dan jangan segan menanyakan identitasnya. “Tingkatkan kewaspadaan. Jika ada warga pendatang baru, jangan segan-segan untuk menanyakan identitas serta maksud kedatangannya,” tambah Kasat Pol Air.

Masayarkat diajak untuk tanggap dengan dinamika situasi terkait dengan penyebaran paham radikal yang sangat berbahaya ini. “Kalau melihat atau mengetahui adanya upaya penyebaran paham radikal, ajaran sesat, dan anti Pancasila, yang dilakukan oleh kelompok tertentu, segera laporkan kepada pihak yang berwenang,” tegasnya.

Sementara itu, Lurah Bitung Roosje Tandaju, S. Sos, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Sat Polair Polres Minsel dalam rangka upaya cegah tangkal paham radikal dan anti Pancasila.

“Kami berterima kasih kepada jajaran Polres Minsel, yang telah melaksanakan kegiatan penyuluhan di sini tentang bahaya paham radikal. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, menambah wawasan kebangsaan serta melatih warga untuk tetap waspada,” ujar Lurah Bitung.

Kegiatan penyuluhan ini dirangkaikan dengan pemberian bantuan dari Sat Pol Air Polres Minsel berupa jaket dan ban pelampung kepada kelompok nelayan yang ada di pesisir pantai Kelurahan Bitung.

Komentar