Tingkatkan kesadaran berlalulintas, Satlantas Polres Minsel optimalkan operasi rutin

Humas Polres Minsel
Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Minahasa Selatan terus mengoptimalkan operasi rutin dalam bentuk kegiatan razia kepolisian. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. 



Sebagaimana terpantau dalam kegiatan razia lalulintas yang digelar di Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Kawangkoan Bawah, Kecamatan Amurang Barat, pada Rabu siang (09/10/2019). Puluhan personel jajaran Sat Lantas Polres Minsel tampak melakukan sweeping kendaraan bermotor hingga petang hari.

"Kegiatan razia atau sweeping kendaraan bermotor ini merupakan upaya kami dalam menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalulintas, juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas," ungkap Kasat Lantas Polres Minahasa Selatan, AKP Rommel Pontoh, SIP.

Ditambahkannya, dalam melakukan operasi rutin ini pihaknya mengedepankan upaya preventif, edukatif dan sosialisasi serta penindakan atau penegakan hukum terhadap para pelanggar lalulintas.

"Selain kegiatan penindakan, kami juga memberikan sosialisasi dan penyuluhan agar para pengendara serta pengemudi ranmor dapat mematuhi peraturan lalu lintas. Dikandung maksud untuk dapat menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas di daerah kita," katanya.

Adapun bentuk pelanggaran yang banyak ditemukan yaitu pada pengguna kendaraan sepeda motor, diantaranya tidak menggunakan helm SNI dan belum memilik SIM. “Lebih parahnya lagi yaitu banyaknya pengendara dibawah umur. Banyak anak usia remaja yang yang sebenarnya belum layak, tapi sudah mengendarai sepeda motor," ujarnya.

Terkait hal itu, ia berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar mematuhi peraturan berlalulintas dan memiliki kelengkapan dalam berkendara.

"Begitupun kepada para orang tua, diingatkan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak kita khususnya yang masih usia remaja agar jangan dulu menggunakan kendaraan bermotor karena akibatnya bisa fatal bahkan dapat berujung pada kematian," tutup AKP Rommel.



Komentar