Puluhan Pohon Cengkih dan Kelapa di Tenga jadi korban Karhutla


Humas Polres Minsel
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Perkebunan Kayu Wale, Desa Sapa Barat, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan, pada Kamis siang (26/09/2019).



Dari keterangan sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi perkebunan, menyebutkan bahwa nyala api cepat membesar akibat tiupan angin sehingga langsung membesar dan membakar area perkebunan yang banyak ditumbuhi Pohon Kelapa serta Cengkih.

Mendapatkan laporan warga tentang kejadian Karhutla ini, Piket pelayanan Polsek Tenga langsung mendatangi lokasi, kemudian bersama dengan warga setempat berupaya memadamkan api yang membakar area perkebunan.

“Kami langsung mendatangi lokasi Karhutla dan dibantu warga sekitar berupaya memadamkan api yang membakar area perkebunan,” ungkap Kapolsek Tenga Iptu Ronal Mawuntu.

Penyebab kebakaran disinyalir akibat faktor kelalaian manusia yang sengaja menyalakan api untuk membuka lahan perkebunan.

Tak berselang lama, api pun berhasil dipadamkan. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa Karhutla ini. Hanya korban materil, yaitu puluhan Pohon Cengkih dan Pohon Kelapa yang terbakar api,” pungkas Kapolsek.

Komentar