Polsek Amurang bersama Damkar padamkan Karhutla di Perbukitan Mobongo


Humas Polres Minsel
Peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di area Perbukitan Mobongo, Kelurahan Kawangkoan Bawah, Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pada Senin petang (16/09/2019), pkl. 15.30 wita.



Dari keterangan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran, menerangkan bahwa awalnya tidak mengetahui ada kejadian karhutla ini. Masyarakat baru mengetahui ketika api sudah besar membakar alang-alang di lokasi tersebut.

Pada saat terjadi kebakaran di dalam lahan pertanian tersebut ditumbuhi rumput alang-alang yang sudah kering akibat musim kemarau, ditambah dengan angin yang begitu kencang sehingga menyebabkan nyala api  cepat menjalar keseluruh area Perbukitan Mobongo. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Luas lahan Perkebunan yang terbakar di perkirakan mencapai 2 hektare,” terang Kapolsek Amurang AKP Edi Suryanto, SH,SIK.

Dari hasil penyelidikan pihak kepolisian, dimungkinkan kebakaran ini disebabkan oleh adanya warga yang membakar sampah sembarangan.  “Kebakaran diduga disebabkan oleh adanya warga yang membakar sampah sembarangan. Bersama dengan Damkar Minsel dibantu warga setempat, api akhirnya berhasil dipadamkan,” ungkap Kapolsek Amurang.

Komentar