Polsek Tumpaan bersama Koramil dan Damkar padamkan Karhutla di Tatapaan


Humas Polres Minsel
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di area Perkebunan Ranoreko, wilayah Kepolisian Desa Bajo, Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pada Rabu siang (28/08/2019), sekira pkl. 13.20 wita.



Pada saat terjadi kebakaran di dalam lahan perkebunan yang terbakar tersebut ditumbuhi alang-alang sehingga menyebabkan nyala api begitu cepat membakar lahan yang ditumbuhi alang-alang tersebut.

“Luas lahan kosong ditumbuhi alang-alang yang terbakar kurang lebih 20 Hektar. Tidak adanya korban jiwa dan material dalam peristiwa karhutla ini dikarenakan lokasi kebakaran adalah lahan Perkebunan,”terang Kapolsek Tumpaan Iptu Duwi Galih, SIK.

“Kami bersama anggota Koramil dengan Damkar Minsel dibantu warga setempat, langsung melakukan upaya memadamkan nyala api dan saat menjelang petang api akhirnya berhasil dipadamkan,” ungkap Kapolsek Tumpaan.

Hasil penyelidikan Polisi menyebutkan bahwa Karhutla ini disebabkan karena faktor manusia yaitu kurangnya kesadaran dari masyarakat akan bahaya kebakaran sehingga masih ada masyarakat yang sengaja menyalahkan api/membakar sampah sembarangan.



Komentar