Meriah, Rangkaian acara peringatan Hari Bhayangkara ke-72 di Polres Minsel


Humas Polres Minsel
Polres Minahasa Selatan menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-72, Rabu (11/07/2018), di halaman utama Polres Minahasa Selatan, yang dihadiri oleh seluruh pejabat utama, personil, Bhayangkari, serta tamu undangan dari unsur Forkopimda, TNI, Dishub, Sat Pol PP, Basarnas, Warakawuri, LSM, Ormas, Saka Bhayangkara, tokoh agama, tokoh masyarakat dan insan pers.



Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, bertindak selaku inspektur upacara; dengan Kasat Sabhara AKP Ronny Rondonuwu, selaku perwira upacara; dan Kanit Turjawali Sat Sabhara Ipda Rio Pangabean, S.Tr.K, sebagai Komandan Upacara.



Upacara dirangkaikan dengan pemeriksanaan pasukan oleh inspektur upacara, pembacaan Tribrata dan Catur Prasetya, serta pemberian penghargaan kepada para personil yang berprestasi dan tokoh masyarakat yang proaktif membantu tugas kepolisian di bidang pemeliharaan kamtibmas.

Kapolres Minsel saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke- 72 kepada segenap anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia dimanapun bertugas.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada anggota Polri yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di wilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan, serta yang sedang mengemban misi internasional di luar negeri,” kutip Kapolres Minsel.

Presiden juga dalam amanat tersebut menyampaikan apresiasi kepada anggota Polri yang telah bertugas di jalan-jalan raya untuk memastikan lalu lintas selama mudik lebaran berjalan lancar.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada anggota Polri yang selalu hadir menjaga keamanan dan ketertiban sehingga umat Islam bisa menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan tenang. Saya juga menyampaikan apresiasi kepada anggota Polri yang bekerja keras agar penyelenggaraan Pilkada serentak di 171 daerah bisa berjalan secara aman dan tertib,” lanjutnya.

Di momen Hari Bhayangkara ke-72 ini, Bangsa Indonesia mendapat kabar baik bahwa dimana Indonesia masuk dalam daftar 10 negara teraman di dunia berdasarkan Law and Order Index yang dikeluarkan oleh lembaga riset internasional Gallup’s Law and Order.

“Sebuah capaian yang membanggakan kita semua. Sebuah capaian yang harus kita jaga dan pertahankan. Sebuah capaian yang merupakan hasil kerja seluruh elemen Bangsa. Di dalamnya, tentu ada peran anggota Polri, ada kerja keras anggota Polri, serta ada pengabdian dan dedikasi anggota Polri,” ucap Kapolres.

Namun seluruh anggota Polri diingatan agar tidak cepat berpuas diri. Karena kedepan, Polri akan menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks. Tuntutan dan harapan rakyat terhadap Polri semakin meningkat.



Anggota Polri diminta jangan pernah lengah, tetap sigap dan waspada dalam menjalankan tugas, selalu mengembangkan diri dan melakukan terobosan-terobosan untuk terus mengatasi berbagai ancaman yang ada.

Polri katanya harus selalu melakukan pemetaan dini atas potensi ancaman keamanan dan ketertiban yang terjadi dalam masyarakat, dan segera lakukan langkah-langkah pencegahan.

Presiden juga mengingatkan bahwa kedepan tugas-tugas besar telah menanti Polri mulai dari pengamanan rangkaian tahapan Pileg dan Pilpres 2019, pengamanan Natal dan Tahun Baru, hingga pengamanan agenda internasional seperti pelaksanaan Asian Games ke-18 dan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia.

“Semuanya membutuhkan langkah antisipatif, memerlukan perencanaan yang detail dan matang, agar segala potensi kerawanan dapat dicegah dari awal,” kutip Kapolres.

Usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-72, dilanjutkan dengan parade polisi cilik Polres Minsel dan pertunjukan perguruan bela diri Trisula Sakti Sulut. Rangkaian peringatan Hari Bhayangkara diakhiri dengan Acara Syukuran santap kasih bersama yang diselenggarakan di gedung Aula Polres Minsel.

Komentar