Semangat Hari Pahlawan menggema di Polres Minsel



Humas Polres Minsel
Polres Minahasa Selatan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11), yang diselenggarakan di halaman utama Polres Minahasa Selatan diikuti oleh seluruh pejabat utama, perwira, para Kapolsek serta personil jajaran.





Upacara Peringatan Hari Pahlawan dipimpin langsung oleh Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana, SH,SIK,MSi, selaku inspektur upacara, Kasat Binmas Iptu Norman Tambaritji sebagai perwira upacara dan Ipda Rio Panggabean,S.Tr.K, sebagai komandan upacara.

Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengambil tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri". Tema tersebut dimaksudkan bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya adalah bangsa Indonesia harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur.

Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan Kapolres, para peserta upacara diajak untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan dan pendiri Republik Indonesia. Sebab karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

"Mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan,” demikian dibacakan Kapolres.

Dalam sambutan itu, Kapolres juga mengatakan bahwa seperti amanat Bung Karno, bangsa Indonesia harus menghormati jasa pahlawannya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

"Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," tutur Kapolres.

Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Polres Minahasa Selatan dirangkaikan dengan Pembacaan Teks Pancasila, UUD 1945, Pesan-pesan Pahlawan, serta Pengucapan Tribrata oleh KBO Sat Binmas Ipda Toni Dotulong.

Komentar