Upacara detik-detik Proklamasi Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 di Minahasa Selatan



Humas Polres Minsel
Kabupaten Minahasa Selatan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kamis (17/8), yang dipusatkan di halaman utama Kantor Bupati Minahasa Selatan dihadiri oleh seluruh unsur Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minahasa Selatan, pimpinan DPRD, Kepala-kepala SKPD,  para Camat, Lurah dan Hukum Tua, legiun Veteran, tokoh agama dan tokoh masyarakat.



Peserta upacara terdiri dari pasukan TNI Kodim 1302 Minahasa, personil Polres Minahasa Selatan, seluruh siswa siswi pendidikan dasar dan menengah, perwakilan Ormas dan LSM, serta segenap ASN Kabupaten Minahasa Selatan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Bupati Minahasa Selatan Christiany Euginia Paruntu,SE, dan Komandan Upacara Kapten Inf. Jemmy Lotulung.

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 diawali dengan sirine detik-detik Proklamasi dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Minahasa Selatan Jenny Johanna Tumbuan,SE.

Puncak upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Minahasa Selatan dengan Komandan Paskibra Ipda Fadhly,S.Tr,K., dan pembawa baki Sharon Langi, siswi SMU Negeri 1 Amurang.



Pengibaran bendera Merah Putih terpantau berjalan sukses dan lancar, setiap anggota Paskibra menjalankan tugasnya dengan baik. Tampak kekompakan langkah, gerakan serta harmonisasi pembentukan variasi barisan berlangsung mulus dan sempurna.

Kegiatan upacara peringatan hari kemerdekaan kemudian dilanjutkan dengan Hening Cipta mengenang jasa-jasa pahlawan dan nyanyian lagu-lagu kebangsaan oleh kelompok paduan suara dari siswa-siswi sekolah menengah.

Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Minahasa Selatan diakhiri dengan pertunjukan Drama Kolosal tentang perjuangan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah yang diperagakan oleh personil TNI AD Kodim 1302 Minahasa, Koramil Amurang bekerjasama dengan Karang Taruna Kabupaten Minahasa Selatan.

Komentar