SATU TAHUN MENJABAT KAPOLRES – Ini prestasi mentereng AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi



Humas Polres Minsel
Satu tahun sudah AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi, menjabat Kapolres Minahasa Selatan. Momen perayaan tersebut diselebrasikan kemarin (Selasa,9/5), melalui kejutan special yang dipersembahkan oleh keluarga besar jajaran Polres Minahasa Selatan dalam bentuk acara bertajuk “Happy Aniversary – 1 Tahun”.

Sosok AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi, selama ini dikenal sebagai pribadi sederhana dan bersahaja namun penuh dengan inovasi dan kreasi yang diwujudkannya dalam bentuk Program Unggulan dibidang Operasional Pemeliharaan Kamtibmas maupun dibidang pembinaan organisasi internal.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1998 Batalyon “Parama Satwika” ini tercatat banyak menghabiskan waktu dalam masa penugasan sebagai anggota pasukan perdamaian di luar negeri seperti Australia, Afrika, Eropa serta beberapa negara di benua Asia. Karena itu, tak heran jika jejak pengalaman universalnya ini langsung diimplementasikan sejak menjabat Kapolres Minsel pada awal Mei tahun lalu.



Gebrakan besarnya diawali dengan merenovasi interior maupun exterior markas Polres Minsel. Kantor polisi kebanggaan masyarakat ini disulap layaknya hotel berbintang dengan nuansa pelayanan standarisasi Bank Internasional. Hamparan karpet permadani (yang selanjutnya berganti tegel kayu) serta wallpaper dinding yang futuristik menghias bagian dalam kantor. Puluhan AC (Air Conditioner) dan TV pun dipasang demi kenyamanan anggota serta masyarakat.









Dibagian loby ditaruh gerbang metal detector serta meja receptionist yang ditempati piket dari personil polwan. Selain itu, pembenahan juga dilakukan di gedung aula serta pemukathiran ruang comand centre sebagai pusat TIC (Technology Information Control) yang terhubung langsung dengan puluhan kamera CCTV.



“Kantor yang bersih, harum dan rapi dibarengi dengan nuansa pelayanan yang elegan, otomatis akan membuat warga masyarakat menjadi betah, puas dan nyaman,” demikian kutipan kalimatnya waktu itu.

Tak berselang lama, AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi, mengorbitkan slogan motivasi kerja anggota jajaran yang dikenal dengan 7B; Be Strong, Be Fast, Be Loyal, Be Trusted, Be Smart dan Be Patient and Sincere. Program 7B ini lebih menyasar ke dalam atau bersifat internal dalam upaya membakar semangat anggota dalam bekerja melayani masyarakat.



Tak hanya berhenti disitu, AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi, kembali melakukan terobosan kreatif dengan melaunching program-program unggulan yang langsung dimotori oleh masing-masing satuan fungsi yaitu Solfamiredo (Sat Binmas), Torang Bacerita (Sat Intelkam), Tempo Diri (Sat Lantas), Marijo Bakudapa (Sat Lantas), Polisi Rajin (Sat Narkoba) dan Perdana (Si Propam).

Launching Program unggulan ini dikemas secara spektakuler yang dihadiri langsung oleh Kapolda Sulut waktu itu Irjen Pol. Wilmar Marpaung,SH, para pejabat utama Polda Sulut, para Kapolres jajaran Polda Sulut, pimpinan Forkopimda Prop. Sulut, pimpinan Forkopimda Kab. Minsel dan Kab. Mitra, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama serta tamu dari luar daerah.

Selanjutnya ukiran prestasi Fenomenal AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi, yang membooming hingga level Mabes Polri yaitu dengan peluncuran aplikasi berbasis android AREA (Automatic Reaction Electronic Alarm).




Dalam penggunaannya, aplikasi AREA ini membawa dampak positif dalam penanganan berbagai peristiwa kriminalitas, lakalantas serta kejadian kontijensi lainnya, melalui fitur canggih ‘Panic Button’. Aplikasi AREA ini pun menuai ratusan bahkan ribuan apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat.



Ucapan selamat pun dilontarkan langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol. Bambang Waskito pada kesempatan kunjungan kerjanya di polres Minsel.

Tak tanggung-tanggung, aplikasi AREA ini diundang secara langsung untuk dihadirkan dalam Pameran Tekhnologi Polri di Jakarta di hadapan Presiden RI Ir. Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A.,Ph.D.

Inovasi dibidang IT lainnya selang masa satu tahun kepemimpinan AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi, yaitu fasilitas Walkthrough-Metal Detector, Finger Print, Upgrade Identification and Crime Scene Unit, Cyber Patrol dan Pelayanan Online SPKT terpadu.

Polres Minsel juga berhasil mencatatkan prestasi parade senam lantas 5.000 peserta tingkat pelajar, Simulasi gerebek kampung terbaik se-jajaran Polda Sulut, Simulasi Sispamkota (terbaik II), Simulasi Dalmas (terbaik II), Penanganan Kasus (terbaik II), Juara I Pertikara Saka Bhayangkara se-Sulut, Penghargaan dari BPJS dan Penghargaan dari Walikota Bitung atas bantuan sosial Polres Minsel kepada korban bencana alam.

Tak bisa dipungkiri, kepemimpinan AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi, selaku Kapolres Minsel pada selang waktu satu tahun ini telah membawa warna tersendiri bagi stabilitas kamtibmas bagi segenap warga masyarakat yang ada di  Kabupaten Minahasa Selatan maupun Kabupaten Minahasa Tenggara.

Satu kalimat yang sering diucapkan sosok AKBP Arya Perdana, “Kerja Ikhlas saja, kalau kita baik sama orang maka orang akan baik juga sama kita, tetap semangat!!!”.

Bravo Polres Minsel

Komentar