BAHAYA BERITA HOAX - Kapolres : Masyarakat harus cerdas gunakan Medsos



Humas Polres Minsel
Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana,SH,SIK,MSi, mengajak segenap warga masyarakat agar tidak terpengaruh berita-berita hoax yang sering beredar diberbagai media belakangan ini.

Hal tersebut disampaikannya usai menandatangani petisi “Anti Berita Hoax” bersama jajaran wartawan biro minsel, siang tadi Kamis (23/3).



“Kami sangat berterimakasih atas upaya warga masyarakat dalam hal kewaspadaan terkait upaya menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal menyikapi berbagai berita dan informasi yang ada saat ini. Namun demikian, kami mengingatkan jangan sampai tindakan kita menimbulkan rasa antipati pada orang lain yang berujung pada terganggunya stabilitas kamtibmas,” ujarnya.

Kapolres menyatakan bahwa hadirnya berita hoax atau berita bohong di berbagai media sosial, baik media cetak maupun media online, telah mengindikasikan terpicunya kecenderungan melakukan tindakan melawan hukum atau main hakim sendiri.

“Berita Hoax ini berisi informasi yang tidak jelas kebenarannya, tidak tentu sumbernya, tidak didukung data dan fakta yang akurat dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hal tersebut tentunya dapat merugikan warga masyarakat, menimbulkan keresahan, teror, serta rasa ketidaknyamanan. Untuk itu, kami mengimbau warga masyarakat agar tidak terjerumus dalam sirkulasi berita-berita bohong tersebut,” jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa berita bohong sengaja dibuat dan disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk menimbulkan ketakutan, keresahan serta konfilk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

“Jika ada permasalahan ataupun hal yang janggal dalam lingkungan tempat tinggal, mohon koordinasikan ataupun segera dilaporkan kepada pihak Kepolisian. Jangan melakukan tindakan-tindakan, apakah itu perkataan maupun perbuatan, yang dapat memperkeruh suasana,”ungkapnya.

“Masyarakat diminta untuk cerdas dalam menggunakan media sosial yang ada. Janganlah kita menyebarkan berita yang tidak jelas kebenarannya, yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas di lingkungan tempat tinggal.  Yakinlah bahwa pihak kepolisian tetap terus bekerja siang dan malam dalam kerangka memelihara serta menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat,” tegas Kapolres.

Komentar