Jelang hari raya Natal, Polres Minsel gelar pasukan Operasi Lilin 2015



Humas Polres Minsel
Polres Minsel melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Lilin 2015 bertempat di halaman Mapolres Minsel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Minsel, AKBP Benny Bawensel,SIK,MH, Rabu (23/12/2015).

Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajaran Polri dari tingkat Mabes , Polda hingga di tingkat Polres.


Operasi Kepolisian dengan sandi “LILIN 2015”, adalah Operasi Kepolisian Terpusat yang bertujuan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat  dalam merayakan Hari Raya Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, yg meliputi  giat ibadah, mobilitas angkutan manusia dan barang serta giat lain yang menyertainya baik di terminal, pelabuhan laut, pusat perbelanjaan, pertokoan, pusat keramaian masyarakat dan tempat rekreasi / wisata yg ramai dikunjungi oleh umum.

Adapun sasaran Operasi Kepolisian Lilin 2015 :
  1. Gereja dan tempat lain yg digunakan utk pelaksanaan ibadah / misa.
  2. Pusat perbelanjaan  : pasar, pertokoan, supermarket, dan lain-lain.
  3. Pemukiman / rumah-rumah yg ditinggalkan oleh penghuninya pd saat melaks ibadah / kebaktian atau pada saat bepergian / rekreasi.
  4. Jalur-jalur / jalan utama menuju tempat-tempat rekreasi.
  5. Terminal bus, pelabuhan laut dan tempat penyeberangan.
  6. Tempat-tempat rekreasi.
  7. Penampungan / gudang kebutuhan pokok masyarakat maupun pendistribusiannya.
  8. Objek-objek vital pemerintah.

Pada amanat Kapolri dalam upacara gelar pasukan Operasi Kepolisian Lilin 2015, yang dibacakan oleh Kapolres Minsel, AKBP Benny Bawensel,SIK,MH, disampaikan bahwa Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2015 merupakan Operasi Kepolisian kendali pusat dalam rangka menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif pada perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. Jajaran Polri selaku pengemban tugas keamanan dalam negeri dituntut untuk bekerja secara optimal dalam mengamankan perayaan Hari Natal maupun Tahun Baru.

Untuk pengamanan Natal tahun ini Polres Minsel melibatkan sebanyak 315 personilnya melaksanakan pengamanan Gereja, 60 personil menempati Pos Pengamanan maupun Pos Pelayanan jalur Trans Sulawesi ditambah dengan perkuatan Polsek jajaran serta dukungan instansi samping seperti TNI, Dishub, Pol PP, Dinkes, Saka Bhayangkara serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

Apel gelar pasukan Ops Lilin 2015 dirangkaikan juga dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapolres Minsel, AKBP Benny Bawensel,SIK,MH, kemudian dilanjutkan dengan penyematan pita operasi kepada perwakilan dari unsur Polri, TNI, Dishub dan Sat Pol PP.

Hadir pada Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Lilin 2015, seluruh Pejabat Utama dan personil jajaran Polres Minsel, unsur Forkopimda Kab. Minsel dan Kab. Mitra, instansi samping dari TNI AD, tokoh-tokoh agama, Dishub, Sat Pol PP, Dinkes, tokoh-tokoh masyarakat serta para tamu dan undangan lainnya.

Komentar